Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Meniti Jalan Surga, Tips Meraih Ridha Suami di Dalam Rumah Tangga

Rumah Tangga Bahagia Impian Semua Wanita




Catatan Pena Aisyah – Tidak ada yang lebih diimpikan seorang wanita yang sudah menikah, selain merasakan kebahagiaan di dalam rumah tangga.

Pernikahan yang sempurna memang tidak akan pernah terjadi, perjalanan berumah tangga juga tidak akan selalu mulus. Akan tetapi, jika masing-masing pasangan bisa saling mengerti dan mau saling memahami, indahnya pernikahan akan selalu terasa.

Meniti jalan surga yang paling dekat adalah dengan mendapatkan ridha dari suami. Lantas bagaimana caranya? Sudahkah kita lakukan atau malah hanya sebatas teori tanpa mau dipraktekkan?

Sahabat Aisyah, yuk kita sama-sama belajar. Berikut beberapa tips yang bisa kita pelajari tentang bagaimana cara meraih ridha suami!

1. Menghargai Perasaan Suami


Seorang istri harus bisa mengenali karakter suaminya. Jadi, dengan demikian dia tahu apa yang disukai dan yang tidak disukai suami. Istri akan lebih berhati-hati dalam bertindak. Sekiranya apa yang dilakukan menimbulkan kemarahan suami, maka lebih baik dihindari.

Sesuatu yang terlihat kecil pun perlu diperhatikan, semisal hendak berpergian minta izin dulu. Apakah suami mengizinkan atau malah memberi larangan. Jangan merasa punya kuasa atas didisepelekan

Bisa juga, tatkala mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu minta pendapat suami. Dengan demikian, suami merasa lebih dihargai dan tidak merasa disepelekan.

2. Pandai Menjaga Harta Suami


Akan timbul ketenangan di dalam rumah tangga dan rasa bahagia di hati suami, tatkala mempunyai istri yang pandai menjaga hartanya. Tidak boros, serta tidak menuntut sesuatu yang membuat suami merasa terbeban.

Sedikit disyukuri, banyak pun apa lagi. Mengarahkan suami untuk mengalokasikan harta kepada hal-hal yang bermanfaat, baik keperluan dunia maupun tabungan di akhirat.

Bantu suami berbakti kepada orang tuanya dengan menyisihkan semampunya bagi kebutuhan mereka. Tenang saja, tidak ada kata rugi membelanjakan harta untuk orang tua. Malah bertambah berkah.

3. Menerapkan Hidup Sederhana


Pejamkan mata dari gemerlap dunia. Tak akan habis gunung digali, karena begitu besar keinginan yang hanya bisa membuat lelah hati juga badan.

Terapkan hidup sederhana, maka bahagia di dalam rumah tangga juga akan tercipta dengan mudah. Penuhi saja kebutuhan, baik itu dari segi makanan, pakaian maupun tempat tinggal.

Untuk apa terlihat hidup mewah di hadapan manusia, jika ternyata kehidupan rumah tangga menderita. Suami istri sering cekcok hanya karena kelimpungan memenuhi kehidupan glamor yang tidak berguna sama sekali.

Suami adalah rezeki bagi seorang istri, termasuk nafkah yang dia berikan. Bersikap qana’ah merupakan salah satu cara meraih ridha suami terhadap istri.

4. Tidak Menyebarkan Rahasia Suami


Suami akan mendapatkan ketenangan ketika istri bisa menjaga rahasianya. Baik istri maupun suami bisa menjadi pakaian bagi masing-masing pasangan. Saling menutupi, melengkapi, melindungi, juga menjaga kehormatan.

Apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, banyak para istri yang menyebarkan aib suami. Tidak segan-segan menjadikan rahasia rumah tangga mereka sebagai bahan untuk berghibah.

Maka keberuntungan bagi seorang suami yang mempunyai istri bersifat amanah serta dapat dipercaya. Jauh dari rasa was-was akan pengkhianatan istri yang bisa membeberkan segala bentuk kekurangan yang ada pada dirinya.

5. Saling Menasihati dan Memberi Motivasi


Istri yang salihah akan terus berusaha mendorong suaminya untuk berbuat keta’atan. Mewujudkan rasa cinta dan kasih sayang dengan cara mengingatkan suami tatkala suami dilanda rasa malas.

Saat menyampaikan nasihat, perhatikan juga tutur bahasa yang dikeluarkan di depan suami, kasih tahu secara lemah lembut dan tetap tunjukan rasa hormat kepada dirinya. Bukan dengan hardikan, bentakan, terlebih lagi terkesan menyuruh. Bagaimana pun suami adalah pemimpin di dalam rumah tangga.

Pilih bahasa yang paling baik, tidak menimbulkan rasa tersinggung di hatinya.

6. Kasihi dan Sayangi Keluarga Suami


Di antara perilaku istri yang membuat suami merasa ridha adalah cara istri memperlakukan keluarga suami dengan baik, terutama kedua orang tuanya.

Perlu disadari oleh para istri dari mana suaminya berasal. Siapa yang berperan penting dalam kehidupan suami sebelum bersama dengan dirinya.

Jangan sampai hanya menerima suami saja, sementara mengabaikan keluarganya. Apa lagi membangun permusuhan dengan ayah dan ibu suami karena beranggapan mereka sebagai penghalang kebahagiaan di dalam rumah tangga.

7. Perlakuan Suami dengan Baik


Mintalah kepada Allah agar senantiasa diberikan akhlak yang baik dalam memperlakukan suami karena dengan begitu jalan menuju surga akan semakin mudah untuk diraih.

Ucapkan kalimat-kalimat yang baik lagi indah kepada suami. Jadikan diri sebagai penyejuk matanya tatkala dipandang. Jadikan diri laksana air segar tatkala dirinya dilanda kemarahan. Berusahalah, untuk memberikan pelayanan yang paling memuaskan.

Jangan malah terbalik, bersikap baik kepada orang lain, tetapi bersikap kasar dengan suami sendiri.

8. Penuhi Kebutuhan Sahwat Suami


Selain makan dan minum, kebutuhan yang tak kalah pentingnya bagi seorang suami adalah tersalurkan sahwat pada tempatnya, yakni pada istri.

Alangkah tenang hati dan jiwanya tatkala di saat dia merasa ingin, istri tidak melakukan penolakan tanpa alasan yang jelas.

Sungguh sangat kecil kemungkinan seorang suami yang terpenuhi kebutuhan batinnya, bisa mencari cara untuk menyalurkan pada seseorang yang tidak semestinya.

Hubungan antara suami dan istri yang dilandasi dengan rasa cinta serta rasa takut kepada Allah, tentu akan lebih bahagia serta membawa ketenangan di dalam rumah tangga.

9. Berhias dan Percantik Diri


Penampilan seorang istri juga tidak kalah pentingnya bagi mata suami. Di mana akan ada rasa senang dan kebahagiaan tatkala pandangannya terarah.

Cukup sudah di luar sana bergaduh dengan kebisingan, penatnya pemikiran, serta lelahnya badan karena seharian bekerja demi memenuhi nafkah untuk anak dan istri.

Atau malah banyak godaan yang membuat mata menjadi berkunang-kunang. Bertemu dengan berbagai wanita yang berdandan cantik jelita, sedangkan ketika kembali ke rumah justru melihat istri yang tampil se ala kadarnya.

Manjakan mata suami lewat tampilan terbaik, pakaian dan perhiasan terindah, serta wajah tercantik. Tak luput pula untuk memakai wangi-wangian untuk menyegarkan indera penciumannya.

10. Bersyukur dengan Pemberian Suami


Jalani, nikmati, syukuri. Mungkin tiga kata tadi bisa dijadikan sebuah motivasi agar tidak selalu mengeluh dengan keadaan.

Suami yang baik akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun, istri yang baik juga akan berusaha untuk tidak menuntut sesuatu yang melebihi kapasitas suaminya.

Apa pun yang sudah suami berikan patut untuk disyukuri. Hargai usahanya tanpa melihat besar kecil sesuatu yang suami hasilkan.

11. Bicarakan Jika Ada Kesalahan


Perlu dipahami bagi istri, kalau suami yang bersamanya adalah seorang manusia, bukan malaikat.

Sudah pasti akan ada kesalahan-kesalahan yang suami perbuat. Baik itu sengaja maupun tidak disengaja.

Dan untuk menjadi istri yang membuat hati suami ridha, tatkala mendapati kesalahan itu maka istri harus membicarakannnya dengan hati-hati dan tetap bersikap hormat.

Jangan hanya diam, lalu bersikap buruk. Tuntaskan setiap permasalahan yang terjadi, selesaikan secara dewasa agar masalah itu tidak berlarut-larut.

12. Jangan Cemburu Berlebihan


Cemburu merupakan bukti dari rasa cinta. Banyak pula yang mengatakan kalau cemburu juga bumbu dalam sebuah hubungan.

Namun, perlu diingat kalau sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk rasa cemburu.

Jangan sampai rasa cemburu justru menjadi bumerang di dalam hubungan. Menimbulkan ketidak tenangan karena terlalu khawatir suami malah melakukan hal-hal yang menyeleweng dari janji pernikahan.

Berikan kepercayaan kepada suami. Tenagkan hati dengan banyak berzikir dan menyerahkan sepenuhnya hanya kepada Allah.

13. Ciptakan Suasana Nyaman di Rumah


Jadikan rumah sebagai tempat istirahat yang nyaman bagi suami. Ciptakan ketenangan dengan menjauhkan hal-hal yang membuat suami merasa terganggu. Jaga juga kebersihan di dalamnya.

Tidak perlu perabotan yang mewah sebagai dekorasi, cukup kecakapan dalam menata seluruh isi rumah.

Dengan begitu suami akan mendapati kalau istrinya adalah wanita yang pandai menjaga suasana hatinya.

14. Perlihatkan Wajah Bahagia di Depan Suami


Hal yang tak kalah pentingnya bagi istri untuk memberikan kebahagiaan di hati suami, serta meraih keridhaan dari suami adalah dengan memperlihatkan wajah bahagia di hadapannya.

Sambutlah suami dengan baik, berikan perhatian penuh dan perlihatkan kalau istri sangat mencintai dan merindukannya.

Tidak perlu gengsi ketika mengekspresikan segala bentuk rasa cinta dan sayang terhadap suami. Karena memang sepantasnya suami mendapatkan hal seperti itu dari istrinya.

Catatan Pena Aisyah – Sahabat Aisyah, itulah beberapa tips yang bisa sahabat Aisyah praktekan untuk meraih keridhaan di hati suami. Semoga diberikan kemudahan, serta diberkahi rumah tangga para sahabat Aisyah semua. Aamiin, ya Mujib.

Post a Comment for "Meniti Jalan Surga, Tips Meraih Ridha Suami di Dalam Rumah Tangga"